Cara Cerdas Hemat Listrik

Listrik merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting saat ini. Tak hanya di rumah, listrik juga sangat dibutuhkan di area perkantoran, sekolah, gedung, bahkan jalan. Walaupun kini telah digalakkan untuk penggunaan alat hemat energi dan sumber daya alam yang bisa diperbaharui, lampu jalan yang menggunakan tenaga surya misalnya. Namun, kebutuhuan akan energi listrik ini tak bisa dibendung pemakaiannya.

Mengingat bahwa ketersediaan energi listrik terbatas sementara kebutuhan kita dalam menggunakannya tidak pernah selesai, maka untuk meminimalisir bengkaknya tagihan listrik harus disiasati dengan pola hidup hemat, terutama untuk energi listrik. Namun, kerap kali kita memiliki kebiasaan buruk dalam menggunakan listrik, salah satu contohnya adalah menghidupkan lampu saat siang hari. Hal ini berakibat biaya/tagihan listrik membengkak yang efeknya baru akan terasa setelah diakumulasi pada akhir bulan. Belum lagi apabila biaya listrik naik, tentu kita harus merogoh kocek yang dalam untuk kebutuhan listrik setiap bulannya.

Sumber gambar : fiscuswannabe.web.id
Untuk menghindari hal tersebut, langkah penghematan sangat diperlukan. Beberapa  cara dan tips berikut dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari – hari.
  • Mencabut kabel/peralatan dari saklar saat tidak digunakan
Jangan biarkan peralatan terpasang pada saklar ketika sedang tidak digunakan. Baik itu pengisi daya (charger) gadget Anda, TV, setrika, maupun barang elektronik lainnya. Ketika Anda merasa tidak perlu menggunakan listrik untuk itu, sebisa mungkin hindari kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabel masih tertancap pada saklar meski dalam keadaan mati atau off
Sumber gambar : sbelen.files.wordpress.com 
Karena listrik akan tetap mengalir dalam kabel tersebut ke peralatan elektronik Anda. Jika begini, listrik akan terbuang sia-sia dan Anda harus membayar tagihan listrik yang sebenarnya beberapa persen dari tagihan itu merupakan tagihan listrik yang terbuang percuma. Lebih baik cabut kabel peralatan elektronik dari saklar untuk memutuskan daya listrik yang mengalir dan akhirnya terbuang begitu saja.
  • Menggunakan listrik dengan sistem pulsa
Penggunaan listrik dengan sistem pulsa akan membantu Anda dalam menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik. Listrik pulsa ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah direncanakan sebelumnya dalam satu bulan. Hal ini akan membantu Anda dalam mengontrol pemakaian listrik yang berlebihan dan membuat Anda lebih bijak dalam menggunakan listrik.
Sumber gambar : kompas.com
Ketika pulsa listrik Anda telah habis, maka secara otomatis semua aliran listrik yang ada di rumah Anda akan terputus dan mati sehingga untuk mengaktifkannya kembali Anda harus membeli pulsa listrik lagi. Sistemnya sama seperti pulsa handphone prabayar sehingga Anda bisa menghitung kebutuhan dan meninjau kembali apa saja yang sebenarnya bisa dieliminasi dari pemakaian listrik yang berlebihan dan dialokasikan pada kebutuhan lain yang lebih penting.
  • Memilih perkakas yang efisien
Perkakas rumah tangga dapat menghabiskan sepertiga dari biaya listrik kita. Jika anda membeli lemari es, lemari pembeku, televisi, mesin cuci, mesin pengering pakaian, mesin pencuci piring atau pendingin ruangan yang baru, lihatlah tanda/label pemakaian listrik (Energy Rating)—semakin banyak tanda bintangnya semakin sedikit listrik yang dipakai perkakas itu. Perkakas yang banyak bintangnya mungkin sedikit lebih mahal, tetapi memilih perkakas yang lebih murah tetapi kurang efisien dapat makan lebih banyak biaya dalam jangka panjang.
Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan peralatan elektronik yang hemat energi.
  • Memakai perkakas secara bijak
Lampu yang menyala ketika 'perkakasnya sedang tidak' dipakai yang terdapat di perkakas seperti oven gelombang mikro, televisi dan perangkat game dapat menghabiskan 10 persen dari biaya listrik. Jika ada lampu atau jam kecil, berarti alat ini menggunakan listrik.
Biaya pemakaian dapat dikurangi dengan membiasakan untuk menghindari kebiasaan tidur dengan berbagai peralatan elektronik tertinggal dalam keadaan menyala, sebagai contoh : TV masih menyala ketika tidur dan gadget sedang dalam proses pengisian baterai. Hal tersebut tentu memicu pembengkakan tagihan listrik. Atau mematikan aliran listrik pada perangkat ketika sedang tidak dipakai.
Lampu sebaiknya dimatikan ketika Anda sedang beristirahat selain untuk menghemat biaya listrik juga baik untuk merilekskan tubuh Anda sehingga bisa beristirahat dengan lebih baik.
Sumber gambar : smart-money.com
Jangan pernah meninggalkan gadget Anda dalam keadaan masih mengisi daya ketika Anda memutuskan untuk tidur. Anda mungkin merasa tidak keberatan dalam hal pembayaran tagihan listrik namun risiko lain, seperti baterai menggelembung hingga bocor mengintai.
  • Memanaskan dan mendinginkan secara efisien
Untuk setiap satu derajat kenaikan alat pemanas atau pendingin, pemakaian listrik akan naik kira-kira 5 sampai 10 persen. Agar biaya listrik tetap terkendali, cobalah pasang alat pemanas pada 18-20 derajat Celsius di musim dingin dan sampai 25-27 derajat Celsius di musim panas. Anda dapat menghemat listrik yang anda pakai dengan menutup pintu-pintu dalam rumah dan memanaskan atau mendinginkan kamar-kamar yang anda pakai saja.
  • Mencegah angin masuk ke rumah anda
Mencegah masuknya angin adalah cara yang murah dan mudah untuk menjaga agar rumah anda nyaman dan menghemat sampai seperempat biaya pemanasan dan pendinginan rumah. Dengan menyumbat lubang-lubang di sekitar pintu, lantai, jendela dan papan dasar (skirting board), dan menggunakan penutup lubang angin berbentuk sosis yang diisi pasir atau kain adalah cara yang dapat dikerjakan sendiri.
  • Menggunakan alat penghemat listrik
Untuk menekan tagihan biaya listrik, sebaiknya Anda menggunakan alat penghemat listrik. Karena alat penghemat listrik dapat menghemat pemakaian listrik Anda. 

Setelah mengetahui beberap tips hemat listrik di atas, kini Anda dapat mengaplikasikannya di rumah, atau kantor Anda. Biasakan hal tersebut dalam kehidupan sehari - hari. Bila Anda bijak dalam menggunakan listrik, tentu tagihan biaya listrik menjadi ringan.

Untuk memaksimalkan program hemat listrik Anda, kami menawarkan produk FEMAX Electric Saver atau alat penghemat listrik. Alat ini dapat menekan pemakaian listrik Anda, hemat hingga 40%, juga dilengkapi dengan stecker untuk menghubungkan ke aliran listrik. Instalasinya pun mudah, cukup memasang stecker FEMAX Electric Saver pada stopkontak saluran listrik.  Alat ini juga tidak memerlukan perawatan khusus, cukup bersihkan dari debu dengan mengelapnya juga hindarkan dari air agar tidak merusak komponen dalam alat ini.
GARANSI 1 (satu) Tahun.

Femax Electric Saver (Alat Penghemat Listrik)
Instalasi Femax Electric Saver

Kalau bisa hemat? Mengapa tidak?
Dengan penggunaan listrik yang hemat dapat menekan pengeluaran Anda bukan? Jadi, Anda dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan lain.

"Daripada listrik boros dan tagihan membengkak, pakai FEMAX Electric Saver aja!"


Informasi dan pemesanan :
WA/C/SMS: 0811-295-762 - 0818-214-011 -0822-4233-9765
PIN : 26A63418

Konsultasi 24 jam GRATIS
*)Barang dikirim via JNE

Semoga tips tersebut bermanfaat.


Sumber : gurahmesin.com

Pusat Informasi mengenai produk FEMAX, memberi informasi mengenai Alat Penghemat Energi, seperti Penghemat BBM, Penghemat Listrik, dan Penghemat Gas, juga menyediakan Artikel & Tips menarik seputar dunia otomotif.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »