Mesin Ngelitik dan Kurang Bertenaga, Ini Penyebab dan Solusinya.

Engine Knocking (Mesin Ngelitik)

Pernah dengar suara mesin ngelitik? Kadang kita menemui mesin mobil atau motor berbunyi ngelitik. Ya, bukan hanya mobil, motor pun juga dapat mengalami mesin ngelitik/engine knocking. Sebenarnya apa mesin ngelitik/engine knocking itu?

Yuk cari tahu mengenai mesin ngelitik/engine knocking dan apa penyebabnya.

Sumber Gambar: apriotis.com
Dalam istilah teknik, suara ini disebut dengan knocking. Knocking dikenal juga dengan istilah ‘Detonation’ (Detonasi) juga Engine Knocking.
Knocking bisa dikatakan gejala umum yang bisa dialami oleh semua kendaraan baik motor atau mobil dengan segala usia dan jenis. Terkadang pengendara dapat merasakan secara langsung jika mesin mobil ngelitik atau knocking saat pedal gas dipijak secara spontan. Terlebih saat posisi gigi terlalu tinggi saat digunakan untuk berjalan dengan kecepatan rendah atau sedang. Meski beberapa orang terasa wajar, namun bagi yang peduli dengan kesehatan mesin, pasti akan merasa terganggu.

Ciri-ciri terjadi engine knocking adalah munculnya suara ngelitik pada mesin yang cukup keras disertai munculnya getaran mesin dengan irama yang sama dengan suara tersebut.
Suara dan getaran knocking ini muncul akibat bahan bakar dalam ruang bakar sudah terbakar dan meledak terlebih dahulu sebelum waktu penyalaan yang semestinya. Atau bisa disebut juga ‘penyalaan mula’ atau ‘penyalaan sendiri’ (Pre-ignition atau auto-ignition).

Penyalaan atau terbakarnya bahan bakar lebih maju ini membuat siklus pembakaran menjadi tidak tepat. Seharusnya penyalaan bahan bakar terjadi hanya satu kali dalam tiap siklus dan terjadi pada waktu yang tepat.
Penyalaan awal ini membuat bahan bakar tidak terbakar dan meledak hanya satu kali, melainkan beberapa kali dalam satu siklus. Hal ini menimbulkan suatu gelombang tekanan dan meningkatkan tekanan dalam ruang bakar secara drastis. Menimbulkan suatu getaran dan suara yang sangat khas.
Atau dengan kata lain, engine knocking ini terjadi akibat adanya sisa – sisa pembakaran berupa kerak di dalam ruang bakar yang masih terbakar, sehingga setelah proses pembakaran selesai masih terdapat bara api didalam ruang bakar yang menyulut pengapian lanjutan, padahal proses pengapian seharusnya sudah selesai.

Penyebab knocking sangat erat kaitannya dengan bahan bakar yang digunakan.  Knocking bisa disebabkan karena oktan bahan bakar yang terlalu rendah, bisa juga karena bahan bakar yang digunakan terlalu kotor sehingga ketika proses pembakaran, kotoran yang terdapat didalam bensin tersebut tidak ikut terbakar, hanya mengendap menjadi kerak yang semakin lama akan semakin bertambah banyak.

Sumber Gambar: mobil-klasikantik.com
Penyebab lain adalah karena tekanan dan temperatur ruang bakar (kompresi mesin)  terlalu tinggi melampaui spesifikasi standar mesin juga bisa menjadi penyebab mesin mengelitik. Hal ini bisa dikarenakan katup-katup yang ada pada mesin tidak terbuka sempurna. Bisa saja disebabkan klep yang mulai berkerak atau lapisan karet yang sudah terlalu kotor dan harus segera dibersihkan.

Jadi memang harus memilih bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan itu sendiri. Memilih bahan bakar sesuai dengan rasio kompresi mesin.

Jadi, engine knocking itu belum tentu sebagai gejala kerusakan pada mesin. Contohnya bila saringan udara karburator telah kotor juga bisa menyebabkan knocking pada mesin motor. Begitu juga dengan mesin mobil juga bisa mengalami hal tersebut.

Lalu bagaimana cara mengatasi mesin ngelitik (Engine Knocking)?

Mesin ngelitik dapat diatasi dengan dua cara, yaitu sebgai berikut.
  • Top Overhaul Engine
Top overhaul engine atau lebih populer dengan sebutan turun setengah mesin. Dengan cara ini, maka pembersihan dan perbaikan dilakukan secara maksimal. Tentu saja beberapa part penting akan diganti seperti seal klep, packing cylinder head dan packing water pump. Selain itu, kondisi part lain juga perlu diperhatikan kondisinya. Jika memang sudah kurang baik, maka penggantian part dapat menjadi lebih banyak lagi. Cara ini tentu akan memerlukan banyak biaya karena harus mengganti part / komponen dalam kendaraan.
Sumber Gambar : extraordinaryperson.wordpress.com
  •  Service Carbon Cleaner
Service Carbon Cleaner atau pembersihan karbon dalam ruang bakar ini merupakan cara ampuh untuk mengatasi mesin ngelitik (akibat ruang mesin kotor dipenuhi karbon). Dengan service carbon cleaner membuat kinerja mesin dan pembakaran akan lebih baik dari sebelumnya, mengembalikan performa mesin seperti baru lagi.

Setelah mengetahui mengenai mesin ngelitik atau engine knocking, juga cara mengatasinya. Kini Anda dapat mengaplikasikannya pada kendaraan Anda. Untuk mencegah mesin ngelitik dini pastikan untuk selalu mengisi bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Namun, apabila mesin sudah terasa ngelitik segera lakukan pembersihan karbon (Service Carbon Cleaner) pada ruang bakar kendaraan Anda. Tentu Anda tidak menginginkan efek yang lebih parah pada kendaraan kesayangan Anda, bukan? Daripada harus melakukan turun mesin yang membutuhkan banyak biaya, lebih baik Gurah Mesin aja. :)

Cairan Gurah Mesin (Service Carbon Cleaner)
Proses Reaksi Gurah Mesin Pada Mobil
Proses Penghisapan/Pengambilan Cairan Gurah dan Kerak Karbon Terlarut


Informasi dan pemesanan :
WA/C/SMS: 0811-295-762 - 0818-214-011 -0822-4233-9765
PIN : 26A63418

Konsultasi 24 jam GRATIS

Semoga tips tersebut bermanfaat.
Salam min-GM! :)


Referensi : dari berbagai sumber.


Pusat Informasi mengenai produk FEMAX, memberi informasi mengenai Alat Penghemat Energi, seperti Penghemat BBM, Penghemat Listrik, dan Penghemat Gas, juga menyediakan Artikel & Tips menarik seputar dunia otomotif.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
6 Desember 2015 20.22 Delete

Mau Femax call 08158159082 indosat

Reply
avatar